Jasa bordir permanen yang diterapkan langsung ke kain banyak tersedia di pasaran saat ini. Anda bisa memilih bentuk dan jenis bordir sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada banyak sekali teknik bordir yang muncul saat ini, tentu saja keunikan dan kelebihannya juga semakin meningkat.

Sebagai pesaing utama dari bordir, jasa sablon juga memiliki kemajuan yang sangat pesat. Mungkin sebagian orang beranggapan kalau teknik sablon jauh lebih maju dibandingkan dengan teknik bordir. Padahal tidak demikian kenyataannya.

Jika Anda melihat lebih detail, ternyata bordir memiliki banyak keunggulan yang tidak akan Anda temukan pada jasa sablon. Namun sayangnya tidak semua orang memahami hal ini. Lantas apa saja keunggulan bordir dibandingkan dengan sablon tersebut? Ini dia penjelasannya.

Tidak Mudah Pudar dan Lebih Tahan Lama Ikatannya

Kelebihan pertama dari jasa bordir dibandingkan dengan sablon adalah warnanya yang tidak mudah pudar. Bordir ini menggunakan benang khusus yang sudah mengalami proses dyeing (pencelupan warna) dengan teknik yang modern.

Tentu saja daya tahan warnanya sangatlah tangguh karena menggunakan pewarna berteknologi nano yang menyerap langsung ke inti benang. Jada warnanya tidak akan pudar meskipun Anda mencucinya berkali-kali, atau bahkan saat ada kotoran yang menempel di permukaan bordir itu sendiri.

Selain itu, ikatan bordir ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan sablon. Jadi permukaannya tidak akan mudah rusak meskipun Anda mencucinya secara cat kasar, atau menggunakan jasa laundry sekalipun. Hal ini jauh berbeda dengan cat sablon yang biasanya mudah rapuh akibat gesekan dari media yang kasar.

Tidak Membutuhkan Perawatan yang Khusus

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan saat memilih jasa bordir adalah tidak membutuhkan perawatan khusus apapun. Berbeda dengan sablon, ada beberapa jenis sablon yang membutuhkan perawatan khusus agar cat yang menempel bisa tahan lama dan tidak pudar.

Contohnya pada sablon plastisol. Anda dilarang keras untuk menggunakan setrika panas pada jenis sablon ini. Tentu saja hal ini akan sedikit merepotkan bukan? Saat Anda memilih penggunaan bordir, hal ini tidak akan terjadi sama sekali.

Bordiran apapun yang menempel pada pakaian Anda tidak membutuhkan perawatan khusus selama Anda apik dalam mengenakannya. Baik direndam pada larutan detergen, disetrika, ataupun dicuci dengan media yang kasar, bordiran pada pakaian Anda akan tetap kuat.

Lebih Ekonomis dari Sisi Harga

Selain beberapa keuntungan di atas, ternyata jasa bordir ini terhitung memiliki harga yang jauh lebih ekonomis. Terlebih kalau Anda membeli jasa dalam partai kecil saja. Berbeda dengan jasa sablon, biasanya jenis jasa satu ini memperhitungkan jumlah order yang diminta.

Semakin banyak ordernya, harga juga bisa semakin menipis. Bukan tanpa alasan, proses sablon ini memang memerlukan persiapan yang lebih rumit dibandingkan dengan bordiran. Ada proses desain, filming, dan proses lainnya.

Berbeda dengan teknik bordir, jika Anda memilih bordiran manual, proses pembuatan bisa dilakukan secara langsung. Tentu saja hal ini menjadi alasan lain kenapa bordir dianggap jauh lebih efisien dibandingkan dengan jasa sablon.

Bisa Diaplikasikan pada Media yang Tidak Rata

Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan pada saat memilih bordir adalah pengaplikasiannya yang bisa dilakukan pada kain jenis apapun, bahkan pada kain dengan permukaan yang tidak rata, atau pada sambungan kain.

Sablon tidak bisa diterapkan pada media yang tidak rata seperti ini. Jadi penempatannya memang harus dipertimbangkan sejak awal. Dengan beberapa alasan yang sudah kami jelaskan di atas, jangan heran kalau kebutuhan akan jasa bordir ini semakin tinggi saja setiap harinya.